Mengenai Ilmu

Kata Mahfudzah : Ilmu yang tidak di amalkan bagaikan pohon yang tidak berbuah.

Senin, 23 Januari 2012

Rencana Ajuan KTI ku


PENGARUH PESTISIDA TERHADAP PENYAKIT KULIT PADA PETANI CABE DI DESA ARUL PUTIH KECAMATAN SILIH NARA KABUPATEN ACEH TENGAH PADA TAHUN 2010

BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar belakang

            Landasan pembangunan nasional adalah pancasila sedangkan landasan konstitusional adalah undang-undang dasar 1945. pembangunan kesehatan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional, dalam undang-undang no 23 tahun 1992 tentang kesehatan di tetapkan bahwa kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan jiwa dan social yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomi. (Depkes RI, 1992).

Tujuan pembangunan kesehatan menuju indonesi sehat 2010 adaah meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal melalui terciptanya bangsa dan Negara Indonesia yang ditandai oleh penduduknya hidup dalam lingkungan dan dengan prilaku yang sehat memiliki kemampuan untuk menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu secara adil dan merata serta memiliki derajat kesehatan yang optimal di seluruh wilayah republic Indonesia.

            Sasaran pembangunan kesehatan menuju Indonesia sehat 2010 adalah prilaku hidup sehat, lingkungan sehat, upaya kesehatan, manajemen pembangunan kesehatan, derajat kesehatan.

           

Dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat khususnya di bidang pertanian. Pestisida mempunyai peranan yang berarti atau sangat penting, tetapi orang yang sering berhubungan dengan pestisida tanpa sengaja pelan-pelan akan merugikan dirinya bahkan terhadap lingkungan juga menimbulkan dampak negative, apabila penggunaan pestisida tidak di imbangi dengan perlindungan dan pemeliharaan kesehatan karena factor lingkungan dan manusia mempunyai hubungan yang dapat berubah dari yang paling maximum yaitu sehat sampai yang paling minimum yaitu mati. Factor lingkungan sangat berpengaruh dalam meningkatkan derajat kesehatan dan produktivitas masyarakat dalam pembangunan sesuai pola umum jangka panjang pertama maka dalam repelita ke VI di prioritaskan pada pembangunan bidang ekonomi dengan ditingkatkan pada sector pertanian untuk menetapkan swasembada pangan dan peningkatan produksi hasil pertanian.

Mengingat lahan pertanian dari tahun ke tahun semakin sempit maka dalam upaya meningkatkan hasil pertanian langkah yang paling tepat yaitu dengan mengintensifikasikan pertanian usaha bertani secara  modern atau intensifikasi dalam pertanian dalam prakteknya di tetapkan pengelolaan tanah yang baik penggunaan bibit unggul, pemberantasan hama, pemakaian pupuk serta penyakit tanaman untuk mengatasi menurunnya produksi hasil pertanian yang di akibatkan oleh serangga hama dan penyakit maka perlu di pakai atau digunakan pestisida.

Untuk meningkatkan peran serta masyarakat perlu di ciptakan iklim yang memungkinkan masyarakat untuk tumbuh dan kembang maka perlu adanya komunikasi yang sehat antara penyelenggara upaya kesehatan dan masyarakat, karena masyarakat mempunyai peranan penting dalam peningkatan dan pemeliharaan kesehatan diri sendiri serta pengelolaan lingkungan karena kesehatan merupakan kewajiban dan tanggung jawab setiap orang maka salah satu upaya pembangunan dalam bidang adalah peningkatan kemampuan masyarakat untuk menolong dirinya sendiri.



B. Perumusan Masalah

            Berdasarkan uraian di atas maka penulis merumuskan permasalahan yang akan di teliti adalah tentang :
Bagaimanakah pengaruh pestisida terhadap penyakit kulit pada petani di desa Arul Putih Kecamatan Silih Nara Kabupaten Aceh Tengah Pada Tahun 2010.

C. Tujuan Penelitian

Adapun tujuan umum dalam penelitian ini adalah :

1.  Untuk mengetahui  informasi tentang penyakit kulit pada petani dalam penggunaan pestisida di Desa Arul Putih Kecamatan Silih Nara Kabupaten Aceh Tengah Pada Tahun 2010.

Adapun tujuan Khusus dari penelitian ini adalah :

2.      Untuk mengetahui sikap petani dalam penggunaan pestisida terhadap penyakit kulit pada petani cabe di Desa Arul Putih Kecamatan Silih Nara Kabupaten Aceh Tengah
3.      Untuk mengetahui tindakan petani dalam penggunaan pestisida terhadap penyakit kulit pada petani cabe di Desa Arul Putih Kecamatan Silih Nara Kabupaten Aceh Tengah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar